Bismillah

Basmalah: Doa Mustajab

majalahnabawi.com – Basmalah merupakan doa yang sering dibaca oleh setiap muslim di dunia. Setiap kegiatan yang akan dilakukan setiap muslim tanpa disadari selalu diawali dengan membaca basmalah. Dan basmalah pun dapat dengan mudah terkabul apabila dibaca dengan mantap dan yakin tanpa sedikit keraguan.

Apa Itu Basmalah?

Basmalah merupakan ayat pertama dari surat al-Fatihah yang sering dibaca mayoritas umat Islam ketika akan memulai suatu aktivitas seperti mau makan, minum, belajar, bekerja dan lain sebagainya. Tujuannya yaitu agar semua aktivitas yang dilakukan diberikan kelancaran serta kemudahan oleh Allah Swt.

Bukti Mustajabnya Basmalah

Dalam kitab Jawahirul ‘Ulum Juz 1 dipaparkan bahwasanya basmalah merupakan doa yang paling mustajabah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah kisah bahwa ketika basmalah diturunkan oleh Allah Swt., gunung- gunung di seluruh belahan dunia bergoncang-goncangan. Bisa dibayangkan betapa mustajabahnya doa ini hingga terjadi kejadian-kejadian yang sangat dahsyat itu.

Ketika kejadian dahsyat tersebut terjadi, malaikat kemudian berseru “barang siapa yang membaca bismilah, tubuhnya tidak akan dimasukkan oleh sang penciptanya di neraka“.

Keistimewaan dan Kemustajabahan Basmalah

Setiap muslim dianjurkan membaca basmalah ketika memulai setiap aktivitas. Sehingga apa yang dikerjakan selalu diniatkan karena Allah Swt., dan berharap apa yang dikerjakan akan mendapakan ridho serta keberkahan dari-Nya. Banyak keistimewaan dan kemujaraban dalam membaca basmalah yang jarang diketahui oleh umat manusia.

  1. Disukai banyak orang
    Dalam kutipan kitab Syamsul Ma’arif yang dituturkan oleh Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, bahwa membaca basmalah yang paling afdal adalah 786 kali. Apabila membaca basmalah dalam wadah atau tempat air dan setiap membaca selalu meniupkannya ke dalam wadah air, maka orang yang meminum air doa tersebut akan menyukai dan senang dengan orang yang membacakan basmalah. Namun apabila air tersebut diminum oleh orang yang membenci kita, makan lambat laun orang tersebut akan senang dan suka kepada kita.
  2. Meningkatkan kecerdasan
    Siapa yang tidak ingin memiliki otak genius. Pasti mayoritas penduduk di Indonesia mempunyai keinginan menjadi pribadi yang genius. Nah, ini tips yang dikutip dari kitab Syamsul Ma’arif untuk meningkatkan kecerdasan otak yaitu dengan membaca basmalah sebanyak 786 kali dengan meniupkannya ke dalam wadah yang berisi air. Lakukan kegiatan tersebut dengan istiqomah yaitu meminum air yang telah dibacakan doa selama 7 hari ketika matahari terbit. In syaa Allah jika air tersebut diminum oleh orang yang mempunyai ingatan yang lemah ketika belajar atau mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu, maka orang yang sebelumnya mempunyai ingatan yang lemah ketika belajar akan menjadi orang yang mempunyai ingatan yang kuat dan mudah dalam memahami sesuatu.
  3. Terijabahnya hajat atau mimpi
    Hampir seluruh penduduk Indonesia mengharapkan hajat atau impiannya¬† segera dikabulkan oleh Allah Swt. Maka bacalah bismilah sebanyak 786 kali dalam waktu 7 hari berturut-turut dengan satu niat, mantap dan yakin do’a sobat gen Z diijabah oleh Allah Swt., dzat yang maha mengabulkan. Lebih baik lagi jika sebelumnya sobat gen Z melakukan puasa khusus untuk doa basmalah tersebut.
  4. Menyembuhkan segala macam penyakit
    Apabila kita terjangkit segala macam penyakit seperti sakit panas, alergi, gatal-gatal, atau penyakit lain yang sulit diobati menurut para ahli atau dokter spesialis. Maka sesuatu yang harus kita lakukan adalah muhasabah diri kepada sang pencipta dan meminta agar disembuhkan dari penyakit yang dialami dengan membaca bismilah 100 kali dalam waktu 3 hari, in syaa Allah Allah akan menyembuhkan penyakit orang tersebut. Selain itu ikhtiar meminum obat harus tetap dilakukan dengan diimbangi memohon pertolongan kepada Allah Swt., dengan membaca bismilah. Karena usaha yang keras tanpa diimbangi doa akan sia-sia, begitupun sebaliknya.
  5. Orang yang menghalangi jalan berdakwah untuk kebaikan akan mendukung niat baik tersebut
    Kebaikan yang dilakukan pasti tidak akan berjalan dengan mudah. Segala macam rintangan dan cobaan selalu menghampiri jalan atau niat baik kita. Apabila dalam memperjuangkan agama islam ataupun yang lain baik membuat TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), Pondok Pesantren, membuat program tahfidzul ur’an, Madrasah Diniah dan sebagainya. Maka, bukan balas dendam ataupun perasaan marah yang harus dilakukan kepada orang tersebut.

    Hal yang patut dilakukan adalah bersabar dan mendoakan orang tersebut dengan membacakan basmalah sebanyak 50 kali serta meniatkannya agar orang yang membenci dan menghalangi niat baik kita, disadarkan oleh sang pemberi keputusan Allah SWT.  Sehingga mengubah perasaan yang pada awalnya benci dan ingin selalu menghalangi langkah kita menjadi sadar bahwa apa yang kita lakukan itu baik dan ingin selalu mendukung bahkan membantu terwujudnya langkah yang ingin kita tempuh.

Nah tunggu apa lagi, mari praktekan rahasia kemustajaban doa basmalah dan istiqomahkan doa tersebut. Apabila doa tidak kunjung diijabah oleh Allah Swt., maka tanya pada diri pribadi, maksiat apa yang telah dilakukan hingga menghalangi doa yang kita langitkan.

Similar Posts