Connect with us
Klik di sini

Doa Sebelum Tidur yang Kita Amalkan

kabarmakkah.com

Kolom

Doa Sebelum Tidur yang Kita Amalkan

Sebagian besar anak-anak muslim, juga Anda sekalian, tentu pernah diajari oleh orang tua mengenai doa-doa sederhana yang jamak digunakan. Seperti doa sebelum dan sesudah makan, masuk dan keluar kamar mandi, doa keluar rumah, serta banyak yang lain. Melalui doa-doa semacam itu, budaya Islam yang menyeluruh dalam keseharian kita tetap terjaga. Ingat, Islam merupakan agama yang teliti mengurusi hal remeh dan sepele. Ia memiliki sisi ritual dan spiritual yang harmonis, agar setiap tindakan bisa selalu bernilai ibadah. Jangan ragu untuk belajar dan mengamalkan hal-hal yang sudah lumrah dan memiliki dampak baik.

Nah, salah satunya adalah doa sebelum tidur. Anda tahu, doa ini diajarkan, “Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut,”. Dengan nama-Mu Tuhan, aku hidup dan aku mati, demikian kurang lebih terjemahannya. Nabi Muhammad menganjurkan setiap muslim untuk membaca doa ini, sejenak saja sebelum hendak tidur. Selain doa yang sederhana ini, dalam beberapa hadis Nabi juga menganjurkan membaca surat Al Falaq dan An Naas, serta Ayat al-Kursiy. Mengacu pada beberapa Hadis keutamaan membaca doa ini, disebutkan bahwa pembacanya akan dilindungi Tuhan saat tidur.

Kita dianjurkan untuk sering berdoa, termasuk sebelum tidur. Ketika seseorang tidur, gelombang otaknya mulai teratur, dan perlahan akan memasuki saat tepat untuk menyusun memori yang telah dihapal, dipelajari, atau terjadi dalam sehari dan pengistirahatan organ tubuh. Perasaan tenang yang dibangun sebelum tidur akan membantu kenyamanan istirahat kita. Saat otak dan pikiran kita tidur dengan porsi yang tidak tenang, maka dampaknya akan terasa dalam aktivitas esok harinya. Badan yang lelah, pikiran yang kalut, turut berperan berdasarkan keadaan yang terjadi dalam pikiran di saat sebelum tidur.

Melalui doa, Nabi mengajarkan baik untuk diri Anda maupun anak-anak nantinya, agar pergi tidur dengan perasaan aman, tenang dan nyaman. Sebisa mungkin lenyapkan segala kepenatan dan kesibukan agar tidur Anda menjadi sehat dan berkualitas. Tidur yang optimal akan mengantarkan Anda dan anak menjadi lebih optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jauhkan dendam, perasaan benci untuk menimbulkan rasa bahagia dalam kerja otak jelang lelap.

Related Post

Continue Reading
Klik di sini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kolom

Klik di sini
Klik di sini

Sering Dibaca

Topik

Arsip

To Top