Kirim Artikel Terbaik Kamu

NABAWI CALL FOR WRITER

Bagi Anda yang senang menulis namun bingung di mana mempublikasikannya, Lembaga Pers Majalah (LPM) Nabawi siap menerima tulisan Anda [Terbuka untuk Umum].

Tema Artikel Kajian Keislaman mencakup: Al-Qur’an, Hadis, Ilmu Hadis, Adab, Amaliyah, Fikih, Sejarah, Tokoh, Cerpen Islami dan lain sebagainya.

Kami juga menerima tulisan dalam bentuk kajian umum mencakup Bedah Buku, Pendidikan, Filsafat, Sosial Politik, Opini, Puisi dan lain sebagainya.

Adapun untuk standar penulisannya sebagai berikut:

  1. Setiap tulisan yang dikirim/singgah di Majalah Nabawi harus dimulai dengan tulisan Majalahnabawi.com – .
  2. Kami sangat menyarankan banyak kata dalam tulisan minimal 300 kata & maksimal 1100 kata.
  3. Kalimat sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  4. Kata dan istilah merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  5. Sertakan sumber minimal judul buku/kitab jika mengutip pendapat lain. Menyebutkan jilid dan halaman tentu lebih baik.
  6. Jika mengutip al-Quran, sertakan harakatnya. Kemudian di terjemahannya menuliskan surat apa dan ayat berapa. Contoh: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.” (Q.S. al-Fatihah [1]: 1).
  7. Jika mengutip hadis sertakan harakatnya. Setelah itu, ketika selesai menuliskan terjemah hadis, wajib menyebutkan sumber kitab hadisnya dan lebih baik jika menyertakan no. Hadis nya juga. Contoh: “Sesungguhnya amalan itu tergantung kepada niatnya.” (H.R. Bukhari no. 1).
  8. Untuk konten berisi doa, setiap setelah memasukan tulisan Arab hendaknya dilanjutkan dengan memberi harakat serta terjemahnya.
  9. Tulisan menjadi hak penuh editor. Divisi editor LPM Nabawi berhak mengganti, melengkapi, menambahkan dan memotong baik judul, paragraf, tulisan yang dikirim.
  10. Jika selama 7 hari naskah tidak dimuat, diperkenankan penulis untuk mengirim ke website lainnya.
  11. Tidak boleh mengirim tulisan yang pernah diterbitkan di media tertentu tanpa mencantumkan dalam website yang bersangkutan.

*LPM Nabawi akan memberikan reward kepada penulis, jika ia telah berkontribusi dalam jangka waktu satu bulan sebanyak 5 tulisan yang berbeda.

*Sertakan nama dan judul tulisan dalam penamaan file nya. Contoh:
[ Muhammad Faiz – Urgensi Ilmu Pengetahuan dalam Perjalanan Kehidupan ]

*Bagi penulis baru, bisa melampirkan data diri singkat beserta foto. Contoh data diri singkat:

[ Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah wal ‘Arabiyyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Mahasantri Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences ]

 

Untuk pengiriman file Artikel, bisa dikirimkan ke Email:
Majalahnabawi@gmail.com