Resensi Buku

Resensi Buku Islam Yang Saya Anut

Avatar Written by Baharudin Ardani · 2 min read

Majalahnabawi.com – Buku dengan judul lengkap “Islam Yang Saya Anut: Dasar-dasar Ajaran Islam” ini merupakan karya salah seorang ulama yang tidak wajar untuk disangsikan keilmuannya, tak layak dipertanyakan kredibilitasnya, beliau adalah Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA. Seorang ulama yang bagi saya pribadi, juga mungkin kebanyakan orang, adalah seorang yang “Mutafannin” (menguasai berbagai cabang ilmu). Terlihat dari karya-karya yang telah dihasilkan, apalagi karya monumental beliau yang begitu besar manfaatnya bagi umat: Tafsir al-Misbah. Namun, tulisan ini tidak hendak membahas mahakarya tersebut, tapi sedikit berusaha mengulik buku beliau yang lain, yakni “Islam Yang Saya Anut”.

Islam yang saya Anut” -sebagaimana terdapat di dalam pendahuluan buku- sengaja disusun tidak terlalu panjang, pun tidak terlalu singkat. Dikhawatirkan, jika terlalu panjang dapat membosankan, dan apabila terlalu singkat dapat menimbulkan “dahaga”. Wajar, buku ini memang bertujuan untuk mengenalkan pembaca pada dasar-dasar ajaran Islam, sehingga tak etis rasanya jika isinya justru memberatkan atau hanya membuat pembaca penasaran.

Kelebihannya

Berangkat dari latar beliau yang menggeluti bidang tafsir al-Quran sejak dini, buku ini syarat akan ayat-ayat al-Quran. Akan kita temukan berbagai ayat di setiap bab sebagai dalilnya. Menunjukkan seberapa tinggi kualitas beliau di bidang al-Quran. Di sisi lain, beliau juga menyuguhkan beberapa contoh pendapat ulama tanpa mempermasalahkan mana yang benar atau salah. Mana yang harus diikuti atau ditinggalkan. Karena, ulama mengeluarkan pendapat bukan berdasar nafsu, melainkan berdasar pada dalil-dalil agama. Beliau membahasakannya dengan “Hidangan Allah”. Hidangan Allah itu banyak dan beraneka ragam. Dia Yang Maha Pemurah itu mempersilahkan kita untuk memilih apa yang tehidang, lanjut beliau.

Baca Juga:   Resensi Buku Renungan Kalam Langit

Buku yang rilis pertama kali pada tahun 2018 ini didominasi dengan bahasa yang sederhana namun mengena, sehingga mudah untuk dipahami, bahkan bagi orang paling awam sekalipun. Bahasa sederhana, isi komprehensif dan dengan tampilan yang demikian menarik. Setiap rentang beberapa halaman, 3-7 halaman (tidak tentu) akan ditampilkan semacam quote dari isi buku. Nampaknya, agar mudah diingat oleh para pembaca, atau boleh jadi hanya sekadar model buku agar terlihat elok nan menarik, karena quote tersebut sebenarnya tidak mewakili setiap pemabahasan.

Quote

Berikut saya hadirkan salah satu quote yang terdapat di dalam buku, halaman 209:

“Memang kita tidak sepenuhnya mengetahui batas ruang takdir yang ditetapkan Allah bagi kita. Karena itu kita dituntut untuk berusaha dan berusaha. Di sini kita dapat berhasil dan dapat juga gagal. Namun, kalau kita telah berusaha semaksimal mungkin lalu gagal maka ketika itulah kita berkata “ini takdir yang dipilihkan Allah”. Ketika itu pula mestinya kita tidak menyesal dan gerah karena kita telah berusaha. Memang wajar kita menyesal jika masih ada usaha yang dapat kita lakukan tetapi kita tidak lagi mencobanya.”

Pokok Bahasan

Ada 10 pokok bahasan penting dalam buku terbitan Lentera Hati ini, yaitu: Agama, Manusia dan evolusinya, Agama Islam, Ajaran Islam, Akidah, Rukun Islam, Aspek Hukum Rukun-rukun Islam, Dapatkah Ajaran Islam diterapkan?, Islam adalah Akhlak, dan terakhir, Beragama dengan Ikhlas. Dari 10 pokok pembahasan tersebut, kalau boleh penulis kerucutkan, agaknya hanya akan menjadi 3 pokok pembahasan, yaitu, Akidah, Ibadah, dan Akhlak. Ketiga bahasan tersebut bercorak pada 3 ulama; Akidah dengan corak Abu Musa al-Asy’ari, Ibadah atau Fikih bercorak Imam al-Syafi’i, dan diakhiri dengan akhlak atau tasawuf yang condong kepada Hujjatul Islam, Imam al-Ghazali.

Baca Juga:   MEMETIK BERKAH KIAI ALI MAKSUM (1915-1989); Catatan Singkat Khataman Sorogan Kitab Ushul Fikih Karya Syekh Abdul Wahhab Khallaf

Dengan tebal 338 halaman, ukuran 13 x 19 cm membuat buku ini harus dipegang dengan dua tangan ketika hendak membacanya. Agaknya cukup sulit untuk dipegang dengan satu tangan. Kita pegang pada bagian kiri, maka bagian kanan akan menutup, berlaku juga sebaliknya. Apalagi untuk saya pribadi yang notabene suka membaca dengan hanya satu tangan memegang buku. Terbebas dari itu, buku ini recommended untuk anda yang ingin mengenal dasar-dasar ajaran Islam lengkap beserta dalil-dalilnya. Selamat membaca!

Judul buku     : Islam Yang Saya Anut: Dasar-dasar Ajaran Islam

Pengarang       : M. Qurasih Shihab

Penerbit           : Lentera Hati

Tahun Terbit  : 2019

Cetakan           : Keempat

Tebal                :  x + 338 Halaman.; 19 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.