Mendengar basmalah tentu tidak asing lagi di telinga kita. Kata yang selalu digunakan setiap umat Islam untuk memulai melakukan sesuatu ini terutama melakukan yang bernilai baik. Akan tetapi, tauhkah kamu ternyata dari setiap kalimat basmalah tersebut menyimpan banyak manfaat dan faidah untuk kita, berikut 4 makna basmalah:

  1. Lafadz بِسْمِ

Muhammad bin Ali dalam Ghayatul Muna,  menyebutkan sebuah riwayat Hadis tentang penafsiran lafadz basmalah ini dari Nabi Isa as. dan di sebutkan pula oleh Rasulullah Saw beliau bersabda: “Bahwasannya ibu Nabi Isa as. menyerahkan beliau ke sebuah madrasah untuk beliau belajar, Kemudian guru beliau menyucapkan: ”Ucapkanlah basmalah”.

Lalu Nabi Isa as bertanya: “Apa itu basmalah?”, gurunya menjawab: “Saya tidak tau”. Kemudia Nabi Isa as menjawab: “huruf Ba (ب) mempunyai makna kemuliaan Allah (بهاء الله) dan huruf sin (س) adalah keagungannya (سناؤه)  dan huruf Mim adalah kerajaannya (م)”

Selain itu, dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa sebagian para salihin membaca basmalah untuk memulai sesuatu. Kemudian hatinya bertanya: “Apa makna basmalah?”. Lalu dijawab: “Huruf Ba mempunyai makna ketaatan, keikhlasan, huruf Sin mempunyai makna perlindungan, dan huruf Mim mempunyai makna ampunan”.

Kemudian hati bertanya lagi: “Apakah dari sekian banyak manusia kamu termasuk yang mengharapkan ketiganya?”. Kemudian dijawab: “Tidakkah kamu mengetahui setelah lafadz mim itu ada Lafdzul jalalah”. Kemudian hati berkata lagi:”Kamu mengharapkan ketiganya sedangkan kamu memiliki banyak dosa”. Kemudian dijawab: “Tidakkah kamu mendengar firman Allah Swt (الرحمن الرحيم)”.

Dari kedua riwayat di atas,  bisa diambil kesimpulan yaitu lafadz بِسْمِ mempunyai berbagai macam tafsiran. Ternyata juga  terdapat makna lain dari huruf Ba tersebut yaitu makna Musahabah dan Istianah (bersama dan pertolongan). Yaitu segala perbuatan bila dimulai dengan basmalah menunjukkan bahwa kita membutuhkan pertolongan Allah Swt melalui perantara basmalah.

  1. Lafadz الله
Baja Juga  Menjadi Tamu Allah di Baitullah

Menurut Imam Suyuti lafdzul jalalah adalah zat yang telah lama adanya, sangat mulia zatnya serta sifatnya dan universal kedermawanannya. Akan tetapi, makna yang masyhur yaitu zat yang wajib adanya yang berhak untuk menerima seluruh kesempurnaan. Allah adalah satu-satunya zat yang wajib disembah serta dipuji dan menjadi sandaran segala saat membutuhkan pertolongan.

3. Lafadz الرحمن

Menurut Syekh Ahmad Showi kata الرحمن mempunyai makna yaitu zat yang memberikan nikmat dengan segala macam kenikmatan. Baik kenikmatan yang bersifat duniawiyah, ukhrawiyah, zhahiriyah, dan batiniyah

Sedangkan menurut syekh Ahmad Malwi makna الرحمن lebih luas maknanya daripada lafadz الرحيم karena menurut beliau penambahan huruf pada lafadz الرحمن menunjukan penambahan maknanya pula.

Maksud dari pernyataan beliau yaitu Allah memberikan segala macam nikmatnya untuk semua makhluk baik yang beriman ataupun yang kufur, yang hidup maupun yang mati seluruhnya itu mendapatkan nikmatnya Allah SWT.

  1. Lafadz الرحيم

Kata الرحيم mempunyai makna yaitu zat yang memberikan nikmat dengan sebuah pengkhususan nikmat tersebut. Sebagaimana yang disebutkan berbagai macam kitab ulama klasik bahwasannya pengkhususan yang dimaksud adalah nikmat Allah yang berupa rahmat hanya untuk hambanya yang beriman yang akan Allah berikan diakhirat nanti. Oleh karena itu, lafadz الرحيم sebuah hadiah yang Allah berikan hanya untuk hambanya yang beriman.

Setelah kita mengetahui makna-makna dari setiap kalimat tersebut semoga membuat kita semakin termotivasi untuk memulai suatu pekerjaan dengan basmalah.

iklan