Connect with us
Klik di sini

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Artikel Utama

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Sedekah merupakan ibadah yang tak terkait oleh waktu, ia dapat dilaksanakan kapan pun dan di mana pun. Namun rupanya ada waktu yang paling utama untuk bersedekah, yaitu di bulan Ramadan. Imam Tirmidzi meriwayatkan,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الصَّوْمِ أَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: شَعْبَانُ لِتَعْظِيمِ رَمَضَانَ، قِيلَ: فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Dari Anas, ia berkata: Rasulullah SAW ditanya, “Puasa apakah yang lebih utama setelah Ramadan? Rasulullah SAW bersabda (puasa di bulan) Syakban untuk mengagungkan Ramadan, lalu sedekah apa yang paling utama? Sedekah di bulan Ramadan”

Rasulullah SAW biasa meningkatkan ibadah di bulan Ramadan. Tidak terkecuali ibadah sedekah. Beliau begitu dermawan memberikan harta yang dimilikinya, tanpa terbesit fikiran apa yang dapat dimakan esok hari.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ

Dari Ibnu Abbas yang berkata, “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dan saat beliau paling dermawan adalah di bulan Ramadan ketika malaikat Jibril menemui beliau. Malaikat Jibril senantiasa menemui beliau pada setiap malam dalam bulan Ramadan untuk saling mempelajari Al-Qur’an. Pada saat itu Rasulullah lebih dermawan dalam melakukan amal kebajikan melebihi (cepat dan luasnya) hembusan angin” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah Swt telah menjanjikan pahala yang berlimpah untuk orang yang bersedekah. Sebagaimana firman-Nya,

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al-Hadid: 18)

Sedekah di bulan Ramadan sangat utama karena sedekah di bulan tersebut membantu orang lain untuk melaksanakan ibadah puasa. Bahkan orang yang memberikan makan orang yang berpuasa akan diberikan ganjaran sebagaimana orang yang berpuasa tersebut.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala dari orang yang berpuasa itu sedikitpun. (HR. Al-Tirmidzi).  Wallahu A’lam.

artikel ini pertama kali dimuat di Harakah Islamiyah

Related Post

Continue Reading
Klik di sini
Fera Rahmatun Nazilah

Mahasantri Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Artikel Utama

Klik di sini
Klik di sini

Sering Dibaca

Topik

Arsip

To Top