Alhamdulillah, setelah kurang lebih 30 jam perjalanan udara – plus transit – kami sampai juga ke kota Toronto, Kanada, dengan selamat tanpa suatu apapun.

Perjalanan ke negara ini adalah dalam rangka memenuhi undangan Ramadhan dari salah satu pusat studi Islam terbaik di Toronto, yaitu Sayeda Khadija Centre yang beralamat di 7150 Edwards Blvd, Mississauga, ON L5S 1Z1, Ontario, Toronto, Kanada. Safari Ramadhan tahun 2017 ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya kami mendapat undangan yang sama di tahun 2016.

Dari Jakarta kami berangkat menggunakan jasa pesawat Air China tanggal 24 Mei pukul 00.40 dan transit di Xiamen pukul 08.00 pagi, lalu transit lagi di Beijing pukul 12.00. Transit kami di Beijing lumayan lama, kurang lebih 6-7 jam. Setelah itu berganti pesawat Air Canada dan sampailah di Toronto pukul 19.00 di tanggal yang sama, 24 Mei, dengan durasi waktu 12 jam dari Beijing. Anda tahu, waktu Toronto lebih akhir 12 jam dengan Jakarta.

Ketika sampai di bandara Toronto kami harus melewati pemeriksaan Visa untuk masuk negara Kanada. Menariknya, ada beberapa pertanyaan yang diajukan pihak pemeriksa kepada kami:

1. Apa agama Anda?
2. Muslim Sunni atau Syi’ah?
3. Dalam rangka apa Anda ke Canada?
4. Apa pekerjaan Anda di Indonesia?
Nah, setelah semua kami jawab, kami pun diberbolehkan masuk tanpa ada masalah yang berarti. Alhamdulillah.

Rupanya di luar bandara kami sudah ditunggu oleh Imam Sayeda Khadija Centre Prof. Dr. Hamid Slimi. Beliau ini pernah menjadi dosen tamu selama tiga bulan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2016 dan pernah membimbing adik-adik kami di Darus Sunnah Internasional Institute for Hadith Seciences selama bermukim di Ciputat. Syekh Slimi, begitu kami memanggilnya, langsung membawa kami untuk istirahat di Sayeda Khadija Centre.

Pkir saya: “Barangkali memang benar sabda Baginda Nabi, “Safar (perjalanan) itu bagian dari siksa.” . Kami merasa sedikit kurang enak badan. Begitu sampai di penginapan, kami segera istirahat hingga Subuh menjelang setelah perjalanan panjang.