Artikel Utama, Syamail

Keindahan Rasulullah Saw

Penulis: Lulu Firdaus Ramadhani · 1 min read
Rasulullah Saw

Majalahnabawi.com – Rasulullah Saw adalah ciptaan Allah paling sempurna. Wajahnya yang indah dan perangainya yang agung, bak oase ditengah padang pasir bagi siapa saja yang melihatNya. Banyak kitab-kitab yang menjelaskan tentang Gambaran Kepribadian Rasulullah Saw.

Salah satunya kitab yang membahas tentang Gambaran Kepribadian Rasulullah Saw adalah kitab Syamail Muhammadiyah yang ditulis oleh  imam at-Tirmidzi.

Diantara 55 bab (ada yang mentahqiq 56 bab ada juga yang 57 bab) bab pertama kitab ini menerangakan tentang sempurnanya Allah menciptakan Rasulullah Saw.

Tubuh

Rasulullah Saw memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu pendek. Al-Bara’ bin ‘Azib menyebutkan bahwa dada Rasulullah itu bidang.

Rasulullah Saw memiliki kulit yang tidak terlalu putih dan tidak juga terlalu hitam. Ada juga yang menyebutkan bahwa Kulit Rasulullah itu berwarna putih kemerahan.

Telapak tangan Rasulullah Saw lebar, jari-jarinya panjang. Telapak kainya halus hingga tidak melekat air.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَبْعَةً، لَيْسَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ، حَسَنَ الْجِسْمِ، وَكَانَ شَعْرُهُ لَيْسَ بِجَعْدٍ وَلَا سَبْطٍ أَسْمَرَ اللَّوْنِ، إِذَا مَشَى يَتَكَفَّأُ».

Anas bin Malik berkata: “Rasululah itu badannya bagus, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, tubuhnya bagus, rambutnya tidak keriting dan tidak terlalu lurus, kulitnya berwarna putih kemerahan. Jika beliau berjalan, tegap seimbang seperti turun dari bukit.”

Wajah

Rasulullah Saw memiliki wajah yang berseri-seri. Bentuknya tidak terlalu bulat. Dahi nya luas. Matanya lebar memanjang dan bola matanya hitam pekat serta bulu matanya lentik. Selain itu Hidung Rasulullah Saw mancung.

Rambut Rasulullah tidak terlalu lurus juga tidak keriting yang Panjangnya melebihi bawah telinga sampai bahu. Hindun bin Abi Halah menyebutkan juga bahwa Janggut Rasulullah Saw lebat.

Baca Juga:   Rahasia Di Balik Rasulullah Jarang Sakit

Rasulullah Saw juga memiliki uban, yang jumlahnya tidah sampai dua puluh helai.

سَأَلَ رَجُلٌ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ: أَكَانَ وَجْهُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ السَّيْفِ؟ قَالَ: «لَا، بَلْ مِثْلَ الْقَمَرِ»

Ada seseorang bertanya kepada Al-Bara’ bin ‘Azib; “Apakah wajah Rasulullah seperti pedang?” beliau menjawab: “tidak, beliau seperti bulan”

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah memiliki gigi yang renggang. Apabila Rasulullah Saw bertutur kata, dari celah-celah gigi Rasulullah Saw terlihat bagaikan cahaya terbit.

Wallahu a’lam

Sumber: Ays-Syamail al-Muhammadiyah wa al-khashail al-Mushthafawiyyah li al-Imam at-Tirmidzi | Bab 1 

Lulu Firdaus Ramadhani
Mahasantri Darus-sunnah International Institute for Hadith Sciences Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.