>

Sejarah, Tokoh

Kiai Ahmad Shobari : Santri Kinasih Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari

Kiai Shobari

Majalahnabawi.com – Kehidupan seorang santri tidak terlepas dari sosok Kiai. Sosok yang menjadi panutan dan tuntunan dalam menjalani kehidupan ini, mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi para santri untuk menyongsong masa depan. Dengan berbagai maziyyah nya, para kiai mengajarkan kepada kita untuk terus memantaskan diri menjadi seorang truly santri  dengan pengetahuan dan akhlaknya. Salah satunya adalah Kiai Ahmad Shobari.

Mungkin sebagian santri masih asing dengan nama beliau atau bahkan tidak mengenalinya.  Beliau merupakan salah satu kiai Pondok Pesantren Tebuireng sekaligus santri Hadratusyaikh  KH. Hasyim Asy’ari. Beliau tinggal di daerah Bogem, yang hanya berjarak 5 km menuju Pesantren Tebuireng. Menjadi khadam Hadratusyaikh  KH. Hasyim Asy’ari, figur yang memiliki motivasi tertentu dalam berkhidmat atau meringankan urusan keluarga kiai untuk ngalap berkah dari sosok kiai, merupakan pilihan beliau menjadikannya sebagi washilah dalam meraih keberkahan hidup, kelempangan masa depan dan mendapatkan ilmu yang manfaat.

Menjadi khadam bukanlah hal baru di kalangan santri, namun yang baru dan menarik dari laku kehidupan Kiai Ahmad Shobari adalah fakta bahwa beliau merupakan Darah Biru.

Seperti yang dijelaskan oleh KH. Cholid Ibhar, penulis “Kiai Ahmad Shobari; Santri Kinasih Hadratusyaikh  KH. Hasyim Asy’ari”, bahwa nama asli beliau pada mulanya adalah Bambang Margono, kemudian diganti saat beliau ibadah haji.

Beliau merupakan anak semata wayang dari pasangan Singopawiro dan Asma. Dimana ayahanda beliau merupakan keturunan petinggi Kerajaan Majapahit, Betoro Katong. Sedangkan ibunya memiliki rantai keturunan yang berpucuk pada Syarif Hidayatullah. Hal ini yang menjadi ketertarikan, mengapa beliau mempunyai ketetapan hati untuk menjadi khadam  dan tinggal bersama kiai. Padahal faktanya, beliau memiliki strata sosial yang tinggi.

Baca Juga:   Para Abdullah di Penjuru Jazirah

Walaupun begitu, beliau tidak pernah merasa canggung, malu, atau bahkan merasa gengsi. Hal ini merupakan bukti akan ketulusan beliau dalam menjalani pengabdiannya dengan sepenuh hati. Bahkan, beliau sangat bangga dengan bersematkan Khadimul ‘Allamah, yang berarti pelayan sosok yang alim seperti Hadratusyaikh.

Di samping itu, beliau pun terkenal dengan laku tawaddhu’nya yang sulit ditandingi. Banyak kisah yang menjelaskan akan ke tawaddhu’ an beliau. Salah satu yang paling masyhur adalah perilaku beliau ketika melewati Ndalem  kiai. Betapa tidak, ketika beliau mengendarai sepeda dan hendak melewati ndalem kiai, pastilah beliau turun dari sepedanya beberapa meter sebelum melewatinya. Setelah beberapa meter melaluinya, barulah beliau menaiki sepedanya kembali. Laku seperti ini menjadi keistimewaan beliau yang sulit ditemukan pada kiai lainnya.

Selain itu, dengan sifat tawaddhu’ nya, beliau pun dikenal di kalangan masyarakat Tebuireng dan sekitarnya sebagai sosok Kiai yang lebih memilih untuk memimpin doa dibandingkan mengisi ceramah. Padahal masyarakat sangat mengharapkan beliau untuk menyampaikan siraman rohani, berupa petuah, wejangan ataupun tausiyah.

Selain beliau dikenal dengan sosok alim dan kharimsatik, beliau pun merupakan teladan bagi masyarakat sekitarnya. Namun, ketika ada permintaan untuk mengisi ceramah, beliau memilih menolak tawaran tersebut. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa beliau tidak kerso ?. Ternyata beliau mempunyai satu alasan, yaitu menjaga lisan.

Menjaga lisan dan menjaga paralelisme antara lisan dan perbuatan merupakan pesan Nabi yang harus dilakukan. Dosa besar bagi orang yang tidak bisa menyelaraskan antara lisan dan perbuatannya. Hal inilah yang menjadi pegangan Kiai Ahmad Shobari. Beliau tak ingin apa yang beliau sampaikan tidak dapat dilakukannya, sesuai dengan firman Allah SWT:

Baca Juga:   Hukum Merayakan Valentine's Day Bagi Umat Islam

يَقُولُونَ بِأَفْوَٰهِهِم مَّا لَيْسَ فِى قُلُوبِهِمْ… الآية (آل عمران: 16)

“Mereka mengatakan dengan mulut mereka apa yang tidak berasal dari hati mereka.”. (Q.S Ali Imran: 167)

Keadaan seperti inilah yang membuat beliau kurang dikenal di kalangan selain santri Tebuireng. Namun, tidak mengurangi kemuliaan dan kealiman beliau. Karena beliau juga sangat dikenal dengan kealimannya dalam bidang Nahwu Sharaf juga qawaid fiqhiyyah.Beliau mengampu kitab Al-Asybah wan Nadhair  dan Fathul Mu’in, yang mana keduanya merupaka kitab tingkat tinggi di kalangan santri. Dengan ilmuanya dan akhlak terpujinya itu, membuktikan bahwa beliau sangat layak mendapatkan label “Santri Kinasih” Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.