Artikel Utama

Keutamaan Salat Sebagai Ibadah Badaniyah Zhahirah

Avatar Oleh Masturo Hasan · 1 min read

Ibadah adalah cara seorang hamba untuk menyembah Tuhannya sebagai wujud rasa syukur dan pengagungan terhadapNya. Ibadah menurut KBBI adalah perbuatan atau pernyataan bakti terhadap Allah atau Tuhan yang didasari oleh peraturan agama

Umat Islam dalam melakukan ibadah telah diatur oleh syariat agama yang didasari oleh Al-qur’an dan Hadits.

Para ulama.berpendapat secara garis besar ibadah dalam Islam terbagi menjadi dua yaitu : Ibadah Badaniyah Zhahirah dan Ibadah Badaniyah Qalbiyah sebagaimana yang dikatakan Syekh Nawawi Banten di dalam kitabnya Kasyifatus Saja sebagai berikut:

و اقام الصلاة وهي افضل العبادات البدانية الظاهرة وبعدها الصوم ثم الزكاة ففرضها افضل الفرائض ونفلها افضل النوافل ولا يعذر احد في تركها ما دام عاقلا

Ibadah Badaniyah Zhahirah adalah ibadah yang dilakukan seorang muslim secara fisik seperti salat, puasa, zakat, haji dan sebagainya.Adapun ibadah Badaniyah Qalbiyah adalah ibadah yang dilakukan seorang muslim secara batin (hati) seperti sabar, tawakkal dan sebagainya.

Mengutip dari kitab Habib Abdullah bin Alwi Al-haddad, shalat adalah salah satu pilar dari agama Islam setelah syahadat dan beliau menggambarkan shalat seperti kepala dari bagian tubuh manusia.

Alasan beliau menggambarkan seperti itu karena pentingnya shalat dalam agama Islam, maka tidak akan hidup seseorang tanpa adanya kepala begitu pula tidak adanya agama bagi orang yang tidak mendirikan shalat.Karena dengan shalat dapat mencegah manusia berbuat keburukan dan kemungkaran sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ankabut Ayat 45:

واقيم الصلاة ان الصلاة تنهى عن الفخشاء و المنكر  و لذكر الله اكبر

 “Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat dapat mencegah dari keburukan dan kemunkaran, dan untuk mengingatkan Allah yang maha besar.”

Salat jika kita tinjau dari segi psikis atau kejiwaan menurut Ahli Psikologi dari Belanda yaitu Professor Vander Hoven beliau menuturkan bahwa kalimat “Allahu Akbar” terbukti bermanfaat untuk mengobati masalah psikologis seperti dejection and tension.

Adapun salat dari segi kedokteran  menurut penuturan Professor dan Ketua Ilmu Sistem dan Teknik Industri Binghamton University, State University of New York Mohammad Khasawneh menjelaskan bahwa Gerakan shalat mirip dengan yoga atau latihan intervensi terapi fisik yang di gunakan untuk mengobati nyeri punggung.

Baca Juga  Tantangan Ulama Perempuan Era Modern

Ada berbagai macam keutamaan shalat jika di tinjau dari segi agama baik dari azan, shalat jamaah, shalat sunnah dan sebagainya.Shalat jamaah memiliki kelebihan daripada shalat sendiri yaitu berbanding antara satu dengan dua puluh tujuh derajat sebagaimana banyak hadits-hadits nabi yang meriwayatkan tentang ukuran derajat orang yang melaksanakan shalat secara berjamaah. Salah satunya hadist yang di riwayatkan Imam Tirmizi di dalam kitabnya tentang fadhilah shalat jamaah.

عن ابن عمر قال قال رسول الله صلي الله عليه وسلم صلاة جماعة ثفضل علي صلاة الرجل وحده بسبع و عشرين درجة

Ibnu Umar berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Shalat jamaah mengungguli pahala shalat seorang laki-laki dalam keadaan sendiri sebanyak 27 derajat.”

عن ابي هريرة ان رسول الله صلي الله عليه و سلم قال ان صلاة الرجل في الجماعة تزيد علي صلاته وحده بخمسة وعشرين جزءا

Dari Abu Hurairah bahwasannya Rasulallah SAW bersabda:”Sesungguhnya shalat seorang laki-laki dalam keadaan berjamaah itu menambah pahala shalatnya dia dalam keadaan sendiri sebanyak 25 derajat.”

Abu Sulaiman Ad-Darani menjelaskan bahwa shalat berjamaah dapat menghilangkan dosa seseorang yang telah ia lakukan. Maksud dosa di sini yaitu dosa-dosa kecil.

Disebutkan pula dalam kitab Baijuri Hasyiah Fathul Qarib bahwasannya para Salafussalih menghibur sebagian dari mereka selama 7 hari apabila mereka meninggalkan shalat secara berjamaah dan menghibur selama 3 hari apabila tertinggal takbiratul ihram.Maksud ungkapan ini bahwasannya para salafussalih sangat khawatir bila kehilangan pahala shalat secara berjamaah .

Terdapat pula sebuah riwayat mengenai keutamaan shalat secara berjamaah yang tertulis dalam kitab Durratun Nasihin bahwasanya seseorang yang melakukan shalat secara berjamaah maka dia akan memperoleh 5 keuntungan yaitu:

  1. Tidak tertimpa kefakiran di dunia
  2. Allah angkat adzab kubur
  3. Diberi kitab amal perbuatan dari sebelah kanan
  4. Melewati Siratul Mustaqim seperti secepat buraq
  5. Masuk Syurga tanpa hisab dan adzab
Baca Juga  Tiga Perkara Sunnah Ini Lebih Utama dari Perkara Wajib

 

Wallahu a’lam bs ash-Showab