KH. Romzi; Santri Kinasih Kiai Maimoen Zubair
Majalahnabawi.com – Beliau bernama lengkap Kiai Mohammad Romzi al-Amiri Mannan. Romzi kecil dilahirkan di kota Sumenep pada tanggal 12 Juli 1969. Beliau merupakan salah satu putra dari pasangan mulia KH. Abd. Mannan Ibrahim dan Nyai Hj. Qina’ah. Kiai Romzidikaruniai enam orang anak dari istri beliau yang bernama Nyai Hj. Nur Latifah Wafi, salah satu putri dari KH. Hasan Abdul Wafi dan Nyai Hj. Aisyah Zaini.
Ramah, humoris nan kreatif, begitulah sosok beliau di mata masyarakat, lebih-lebih di mata santri-santrinya sendiri yang berdomisili di wilayah al-Amiri (J) asrama mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid. Bagaimana tidak, setiap beliau menemani santri dan tamu-tamunya dalam perbincangan selalu dibarengi dengan joke-joke (humor) khas beliau.
Meluruskan Paham Bid’ah Ala HTI
Pernah suatu ketika dalam cerita beliau kepada santri, beliau didatangi sekelompok orang yang sedikit berbeda pemahaman dengan beliau yang dikenal dengan sebutan HTI. Dalam perbincangan tersebut, mereka bertanya kepada beliau, siapakah sebenarnya ahli bid’ah itu?. Mereka meyakini bahwa ahli bid’ah ialah orang-orang yang pekerjaan dan amaliahnya tidak sesuai dengan Rasulullah. Sejurus kemudian beliau menyodorkan mereka sebuah hidangan soto yang kebetulan beliau sengaja memberikannya dengan tanpa sendok. Lalu mereka bertanya, “Kenapa tidak diberikan sendok?.” Lalu dengan santainya beliau menjawab dan meluruskan pemahaman mereka, bahwa tidak semua amaliah yang tidak ada di masa Nabi itu bid’ah yang dilarang oleh syariat, seperti menggunakan sendok. Alhasil, mereka pun menyadari bahwa pemahaman mereka salah. Itulah salah satu teladan sikap beliau tatkala menemui tamu sekalipun berbeda pemahaman dengannya.
Ulama Produktif dan Super Sibuk
Beliau merupakan salah satu ulama nusantara yang sangat produktif, terbukti dengan beberapa karangan kitab dan buku beliau kurang lebih dari 70 karangan. Padahal, beliau sosok kiai yang sibuk dari menjadi mubaligh, hingga dosen. Beliau masih menyempatkan waktu untuk mengarang kitab dan buku.
Dari beberapa sumber dinyatakan bahwa beliau tidak ada waktu lowong. Tatkala beliau tidak ada waktu undangan untuk menjadi mubaligh dan mengajar, beliau selalu setia menemani komputer tercinta guna menulis beberapa karangan. Bahkan sebelum wafat, beliau masih sempat menyelesaikan karangan terakhir yang berjudul al-Mana al-Iqtinai fi Syarhi al-Mandzumi al-Badi’i. Pada saatitu beliau sedang sakit, namun masih bisa menyelesaikan karangannya tersebut. Kiai Romzi sempat ditegur oleh istri tercinta, namun beliau dawuh bahwa karangan itu penting, lebih penting dari sakit yang beliau derita. Subhanallah, betapa beliau mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Disinyalir bahwa di komputer beliau sampai sekarang masih ada beberapa karangan yang belum terselesaikan.
Petualangan Mununtut Ilmu
Dalam rihlah pendidikan beliau, ada beberapa pondok yang sudah pernah disinggahinya untuk menuntut ilmu, seperti PP. al-Nuqoyyah Sumenep, PP. al-Munawwir Krapyak Yogyakarta dan PP. al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah. Diceritakan semasa beliau menjadi santri, beliau selalu dekat dengan kiai-kiainya. Hal itu dilakukan karena wasiat ayahanda beliau, yang mentitah beliau harus dekat dengan kiai-kiainya guna mendapatkan berkah. Beliau menyatakan kepada santri pun demikian, tips yang beliau suguhkan agar bisa dekat dengan para kiai. Menurutnya, santri tidak harus menjadi khaddam (pembantu), namun dengan cara tidak pulang semasa pulangan pondok. Karena dawuh beliau-lah ketika pulangan pondok banyak santri dan khaddam yang tidak pulang ke rumah masing-masing. Dari sanalah akan ada peluang untuk dekat dengan kiai, tatkala kiai membutuhkan beberapa hal.
Salah Satu Santri Kinasih Mbah KH. Maimun Zubair
Kiai Romzi adalah salah satu santri kinasih Mbah Maimoen Zubair – layaknya santri Mbah Mun yang lain seperti Gus Baha’ dan sebagainya, sekalipun tidak setenar beliau -. Kenyataannya beliau punya julukan khusus dari Mbah Mun yaitu kiai seng ora pati pinter (kiai yang kurang pintar), – tidak bisa dibayangkan kiai seperti beliau masih dikatakan kiai yang kurang pintar, bagaimana dengan kita?, sekurang-kurangnya disadari bahwa janganlah merasa sudah alim, teruslah belajar dan belajar – pernyataan ini penulis didapat tatkala beliau mengisi pengajian kitab rutinan di wilayah al-Amiri (J).
Beliau juga bercerita bahwa dalam murok (mengisi pengajian) kitab Ihya’ ‘Ulumiddin, sebenarnya bukan kehendak dari beliau pribadi, namun hal itu merupakan pakonan (suruhan) dari guru tercinta beliau, Mbah Maimun. Suatu ketika, beliau disuruh ke Sarang guna menemui Mbah Mun. Walaupun jauh beliau tempuh untuk memenuhi panggilan sang guru. Ketika beliau menemui Mbah Mun, beliau dipasrahi amanah yang menurut beliau sangat berat sekali, karena tidak semua berani melakukannya, yaitu mengisi pengajian kitab Ihya’ ‘Ulumiddin. Awalnya beliau menolak dengan dalih bahwa beliau belum khatam mengaji kitab tersebut di kala nyantri di Sarang. Kemudian Mbah Mun menyuruh beliau untuk membuka mulut dan Mbah Mun pun meludahi beliau, sembari menyuruh untuk segera menjalankan amanah yang beliau berikan. Konon ini merupakan transfer ilmu yang secara akal tidak bisa diterima, namun hal seperti ini sering terjadi pada kiai-kiai ternama yang terkenal keramat, seperti Kiai Kholil Bangkalan yang mentransfer ilmunya kepada santri dengan cara menyuguhkan nasi. Itulah beberapa teladan yang perlu diteladani dari sosok beliau.