Majalahnabawi.com- Tradisi Jawa merupakan warisan dari para leluhur yang menjadi kebiasaan dalam kehidupan sosial masyarakat Jawa. Masyarakat di Jawa memiliki tipikal yang masih ajeg dan inklusif dalam menjalankan warisan tradisi. Warisan tradisi tersebut terdiri dari berbagai macam ragam salah satunya adalah tradisi uluk salam.

Uluk Salam

Uluk salam merupakan istilah yang sudah familiar dan tidak asing di telinga kita. Makna uluk salam adalah uluk berarti tinggi atau mulia dan salam berarti sapaanatau kedamaian. Pada hakikatnya dalam hal ini tidak ada yang direndahkan karena menyapa dan mengucap salam terlebih dahulu. Malah sebaliknya, memberi sapaan atau salam kepada orang lain merupakan suatu hal yang terpuji.

Memberi salam atau sapaan, merupakan suatu tradisi yang sangat khas dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya dalam budaya Jawa. Budaya Jawa penuh dengan tradisi dan kebijaksanaan yang terwariskan, salah satunya adalah dengan istilah uluk salamnya.

Uluk salam dalam budaya Jawa menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan atau terkenal dengan sebutanUnggah-ungguh. Hal ini dapat kita lihat dari perbedaantingkatan tutur yang harus sesuai dengan lawan bicarakita. Tingkatan tutur tersebut adalah Ngoko lugu, NgokoAlus, Krama Lugu, dan juga Krama Alus.

Dalam tradisi Jawa Unggah-ungguh ini diterapkan kepada siapapun, baik kepada yang usianya lebih muda ataupun kepada yang usianya lebih tua. Terlihat dari kebiasaan orang Jawa ketika berada di jalan dan melintas dihadapan orang lain baik dikenal ataupun tidak, akan selalu beruluk salam dan menyapa orang tersebut dengan kata Amit Nuwun SewuMonggo MasMonggo Mbak, dan sebagainya. Contoh lain adalah ketika berkunjung kerumah orang dan ketika mengetuk pintu akan mengucap salam dengan menmbahkan kalimat Kulo Nuwun.

Uluk Salam Dalam Perspektif Islam

Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketentraman dan menebar perdamaian. Beruluk salam adalah salah satu cara untuk menciptakan kedamaian dalam kehidupan. Di dalam kitab Shahih Bukhari terdapat hadits yang menjelaskan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: 

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ  تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ


“Amalan Islam apa yang paling baik?” Rasulullah SAW lantas menjawab, “memberi makan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkaukenali.” (H.R. Bukhari no. 5767).

Hadist tersebut menjelaskan tradisi uluk salammenjadi amalan yang paling baik dalam Islam. Tradisi beruluk salam menjadi spirit positive dalam menebar perdamaian serta membuat kita menyadari makna sebuah hubungan baik, keselamatan, kedamaian, dan kesejahteraan harus diciptakan secara bersama-sama.

Uluk-salam dalam Islam tidak hanya sekedar sapaan yang tidak bernilai, atau sekedar basa-basi semata. Akan tetapi uluk salam adalah sapaan salam yang terkandung do’a didalamnya.

Keseimbangan antara Agama dan Tradisi

​Memahami Islam dapat melalui berbagai pendekatan, salah satunya melalui pendekatan budaya. Pendekatan budaya dalam studi Islam merupakan metodologi untuk memahami agama dengan menggunakan kebudayaan sebagai kacamatanya. Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang serta mewariskannya dari generasi ke generasi meliputi aturan, cara, dan jalan hidup manusia.

Pendekatan budaya merupakan metodologi yang mudah  masyarakat terima. Seseorang lebih mudah terbuka serta yakin dengan orang lain apabila memiliki perilaku yang sama dengan sekelompok tersebut dengan begitu kelompok tersebut dapat menerima kita. Peran dakwah Wali sanga dalam menyebarkan Islam di Nusantara menjadikan bukti bahwa akulturasi budaya antara Islam dengan budaya Nusantara dapat masyarakat terima baik serta membawa dampak yang positive.

Tradisi uluk salam Jawa ini membawa pengaruh yang positive dalam kehidupan sosial masyarakat Jawa. Meskipun tradisi uluk salam Jawa ini masih bersifat umum tidak hanya orang Islam yang menerapkan sekalipun orang yang beragama lain juga menerapkan hal yang demikian, namun tradisi ini sangat kental dan sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Lantas apakah sebuah tradisi dan agama itu dapat menyatu? Jawabannya adalah Tradisi dan agama merupakan suatu kesatuan tapi masih dapat dibedakan. 

Kesatuan Agama dan tradisi mempunyai hubungan yang erat dan saling mempengaruhi, bisa kita lihat penerapan tradisi uluk salam dalam Jawa yang terkenal dengan unggah-ungguhnya sangat mengedepankan sifat menghormati orang lain tanpa memandang usia, menjunjung tinggi sopan santun, dan mengedepankan sikap toleransi. Secara tidak langsung uluk salam Jawa adalah salah satu penerapan tradisi dengan menerapkan nilai-nilai keislaman.

Agama dan tradisi juga memiliki perbedaan, agama seringkali disebut sebagai hasil final, mutlak atau abadi dan tidak mengenal perubahan. Sedangkan budaya atau tradisi memiliki sifat yang temporer dan relatif sehingga dalam tradisi masih sangat bisa terjadi perubahan dalam penerapannya seiring dengan berjalannya waktu.

Simpulan

Tradisi Jawa uluk salam atau sapaan merupakantradisi yang menerapkan nilai-nilai keislaman dalamkehidupan sosial. Tentunya kita sebagai generasi penerus harus melestarikan budaya yang sudah ada agar sesantiasa terjaga dan terus menerus menjadi warisan tradisi dalam kehidupan sosial. Lantas apakah kita mampu untuk menjaga tradisi tersebut? Ataukah malah sebaliknya? Coba kita tanyakan pada diri kita sendiri.