Artikel Utama, Bedah Buku, Resensi Buku

Resensi Buku Ramadan Bersama Nabi Saw

Penulis: Faiz Aidin · 2 min read

majalahnabawi.com – Ada banyak buku dan kitab yang membahas tentang Ramadhan, seperti kitab Ma’a al-Nabiy fi Ramadhan karya Syekh Falih bin Muhammad, kitab Durus Ramadhan karya Syekh Salman bin Fahd al-Audah, buku Ramadhan Bersama Ali Mustafa Yaqub karya Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA., dan Ramadan Bersama Nabi Saw karya Ustaz Ulin Nuha Mahfudhon, LC., MA., dan masih banyak lagi yang belum kami ketahui.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba meresensi buku Ramadan Bersama Nabi Saw karya Ustaz Ulin Nuha, LC., MA., setelah kami mengkhatamkan membacanya pada hari Senin, 10 Mei 2021. Sebelum meresensi buku tersebut, kami akan memperkenalkan autobiografi singkat penulisnya,

Autobiografi Penulis

Penulisnya adalah Ustaz Ulin Nuha Mahfudhon, MA., dilahirkan di Grobogan, Jawa Tengah, 04 Mei 1989. Sedari kecil beliau rajin mengaji, terutama belajar al-Quran yang mana bertalaqqi langsung kepada ayahandanya, Mahfudhon. Beliau aktif mengikuti pengajian Tafsir dan setoran hafalan al-Quran kepada KH. Sya’roni Ahmadi, Kudus. Beliau juga menempuh pendidikan pesantren dan formal dari TK sampai Universitas.

Pada tahun 2012, beliau menempuh kuliah S1 di Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sekaligus mondok di Pesantren Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences Jakarta. Setelah lulus S1, beliau melanjutkan S2 di Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampai sekarang, beliau mengajar dan menjadi dosen tetap di Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences Jakarta.

Di antara karya tulisnya adalah Jalan Penghafal Al-Qur’an, Meniti Dakwah di Jalan Sunnah: Biografi Kiai Ali Mustafa Yaqub, Risalah Pengantin, dan Ramadan Bersama Nabi Saw.

Ulasan Singkat Isi Buku Ramadan Bersama Nabi Saw

Buku tersebut membahas tentang amaliah selama Ramadhan hingga Idulfitri, dalil-dalil tentang rukyatul hilal sampai dalil tentang Idulfitri, dan sikap Nabi Saw menjalani kegiatan selama Ramadhan dan pasca Ramadhan. Buku ini juga mengkomparasikan antara dalil al-Quran, Hadis, dan dalil Fikih.

Baca Juga:   Hadis Palsu Ramadhan V: Tidurnya Orang Berpuasa adalah Ibadah

Buku ini terdiri dari Kata Pengantar oleh Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA., Pendahuluan: Meneladani Nabi di Bulan Suci, dan 15 materi selanjutnya yang sangat penting dan menarik untuk dibaca. Di bagian penutup buku ini, dibahas cara bijak menyikapi hadis palsu Ramadhan, dan sebab-sebab terjadinya pemalsuan hadis.

Penulis buku ini, banyak mengutip hadis-hadis seputar Ramadhan dari buku Hadis-hadis Palsu Seputar Ramadhan karya gurunya, Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub. Buku ini menjelaskan tentang Ramadhan dari sudut pandang ayat al-Quran, Hadis, dan Fikih, sehingga para pembaca bisa terbuka pemikirannya dalam menyikapi perbedaan tentang amaliah Ramadhan.

Kelebihan Buku Ramadan Bersama Nabi Saw

Menurut kami, di antara kelebihan buku ini adalah mampu menyajikan dalil-dalil al-Quran, hadis, dan Fikih beserta penjelasannya. Buku ini juga banyak mengutip perkataan ulama serta referensinya, dan buku ini menyajikan dan menghubungkan dalil dengan fakta budaya yang terjadi di masyarakat. Buku ini menyajikan penjelasan perbedaan suatu masalah dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami.

Masih banyak lagi kelebihannya yang sulit diungkapkan dengan kata-kata kami. Lebih jelasnya silahkan langsung membaca buku ini Ramadan Bersama Nabi Saw.

Kekurangan Buku

Walaupun banyak kelebihannya, tetapi pasti ada kekurangannya. Menurut kami, kekurangannya adalah ada beberapa hadis yang masih tertulis dengan terjemahan dan belum ada redaksi berbahasa Arabnya. Ada beberapa kalimat yang typo, dan yang menurut kami sangat fatal adalah tidak terbacanya dan burem tulisan halaman 113 sehingga tidak terbaca, padahal sangat urgen pembahasannya. Terakhir, perlunya pencantuman kualitas hadis di setiap hadis yang ditulis di buku ini, dan perlunya footnote referensi buku agar pembaca mengetahui sumber rujukannya. Walaupun tercantum banyak referensi bacaan di bagian “Daftar Pustaka”, tapi menurut kami perlu juga membuat footnote referensi di setiap halaman.

Baca Juga:   Gibah Ketika Berpuasa, Bikin Pahala Zonk

Mungkin hanya itu kritik dan saran yang dapat kami sampaikan, semoga buku Ramadan Bersama Nabi Saw menjadi manfaat bagi pembacanya dan dapat diamalkan serta menjadi tabungan pahala bagi penulisnya. Aamiiin.

Judul buku: Ramadan Bersama Nabi Saw

Penulis: Ustaz Ulin Nuha Mahfudhon, LC., MA.

Cetakan: Maktabah Darus-Sunnah

Halaman dan Ukuran: xxiv + 152 halama; 14 x 21 cm

ISBN 978-623-7197-01-0

Cetakan Pertama, April 2019

Faiz Aidin
Dilahirkan tanggal 25 Juni 2000 di Jakarta Barat, anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan H. Muharifin dan Hj. Nurhayati, bertempat tinggal di jalan raya Kembangan, Kembangan Utara Rt 09/02 No. 83 Gang H. Naim, Kembangan, Jakarta Barat. Mahasantri Darus-Sunnah angkatan Auliya dan mahasiswa PAI FITK UIN Jakarta. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.