Bedah Buku, Resensi Buku

Resensi Buku Renungan Kalam Langit

Penulis: Harsya Malik · 1 min read

majalahnabawi.com – Buku Renungan Kalam Langit merupakan karya Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad. Buku ini membahas tentang motivasi-motivasi untuk semangat dan terus membaca al-Quran, memberikan cara dan langkah membaca serta menghafal al-Quran, motivasi bagi penghafal al-Quran, serta cara menjadi orang tua atau guru yang benar dalam mendidik anak membaca al-Quran.

Penulisnya yaitu Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad merupakan anak dari KH. Muhammad dan Nyi Umi Salamah. Beliau lahir di Arjawinangun Cirebon, pada 21 Febuari 1956. Beliau menempuh pelajaran mulai dari SD dan SMP serta dasar-dasar ilmu agama di pesantren milik keluarganya. Kemudian di pesantren Lirboyo Kediri. Mempelajari ilmu-ilmu Fikih, Nahwu, Sharaf, dan lain-lain. Kemudian ke pondok pesantren al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta. Beliau telah melewati banyak perjalanan pendidikan sampai ke luar negeri dan menghabiskan banyak waktu mudanya di al-Jami’ah al-Islamiyah, Madinah.

Kelebihannya

Buku ini memiliki kalimat yang tersusun dengan baik dan indah. Tidak hanya memberi motivasi, akan tetapi juga memberi tata cara membaca al-Quran dan hal-hal yang berkaitan dengan al-Quran lainnya.

Kalimat yang disusun dengan baik dan indah membuat pembaca tersentuh dan tergerak untuk mempelajari al-Quran lebih lanjut. Tidak hanya itu, kalimat yang mengandung makna yang begitu dalam, membuat pembaca menyadari akan pentingnya membaca dan menjadikan al-Quran bagian dari hidup kita. Motivasinya juga ditulis dengan kalimat yang singkat dan memiliki arti yang menyentuh.

Kekurangannya

Walau memiliki kalimat yang tersusun indah, buku ini juga memiliki beberapa kekurangan yang mempengaruhinya. Beberapa motivasi ditulis dengan baik, namun topiknya tidak berhubungan dengan topik buku, sehingga para pembaca bisa bingung dengan motivasi dalam buku tersebut. Selain itu, topik motivasi bercampur-campur, membuat pembaca sulit mengingat maknanya. Seperti contoh, motivasi yang bertopik menghafal al-Quran kadang terletak di motivasi untuk selalu membaca al-Quran. Motivasi-motivasinya juga banyak diulangi, makna dari quotes yang sudah disampaikan diulangi lagi, namun dituliskan dalam kalimat yang berbeda.

Baca Juga:   Gambaran Besar Pembahasan Kitab Nadzom Al-Fara'id Al-Bahiyah

Buku ini memiliki pesan moral yang sangat bagus dan indah. Buku ini juga tidak luput dari beberapa kesalahan, namun tidak mengurangi alasan para pecinta buku untuk tidak membaca Renungan Kalam Langit. Kemudian buku ini bisa dibaca dan dipahami bagi anak yang sudah berumur 12 Tahun. Buku ini bisa membuat para pembaca tergerak membaca al-Quran dan hal lain yang berkaitan dengan al-Quran, seperti menghafal, manfaat, serta tata cara membaca al-Quran.

Jadikanlah al-Quran sebagai teman setiamu dalam situasi apapun. Al-Quran akan menjadi teman setiamu di hari kelak.”

Judul Buku: Renungan Kalam Langit; Kitab Motivasi Pecinta Al-Quran

Penulis: Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad

Tebal Buku: 228 Halaman

Penerbit: Qaf

Tahun Terbit: Oktober 2017 (Cetakan I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.